Tips mewawancarai calon pegawai anda

Jika anda sedang mencari calon karyawan, maka melakukan wawancara dengan benar merupakan langkah penting untuk mendapatkan pekerja yang sesuai dengan ekspetasi anda. Sehingga perlu anda ketahui beberapa hal yang harus anda lakukan saat melakukan wawancara.

Pada tulisan ini kami ingin memberikan beberapa tips dalam melakukan wawancara sehingga anda tidak melakukan kesalahan yang fatal sekali

Solusinya? Miliki sistem untuk membantu Anda mengatasi perangkap umum dan mengidentifikasi orang yang tepat untuk posisi tersebut. Inilah 17 strategi wawancara kami yang paling efektif untuk memastikannya lancar dan berhasil dari jalannya:

1. Konsisten

Meskipun Anda harus mempersonalisasi setiap wawancara, sebaiknya Anda membandingkan kandidat jika mengajukan pertanyaan yang konsisten. Membuat daftar topik diskusi masuk yang konsisten untuk dimasukkan dalam wawancara Anda akan membantu Anda di masa depan saat meninjau kandidat.

2. Lakukan pekerjaan rumah Anda

Buat kandidat merasa penting dengan membiasakan diri dengan resume atau LinkedIn sebelum mereka tiba. Dengan melakukannya, Anda dapat mengajukan pertanyaan pribadi yang akan memberi lebih banyak cahaya pada keterampilan mereka daripada pertanyaan umum. Orang yang diwawancarai harus merasa bahwa Anda telah menghabiskan waktu untuk mempersiapkan wawancara tersebut.

3. Konfirmasikan detailnya sehari sebelumnya

Pastikan semua orang jelas pada semua wawancara logistik 24 jam sebelumnya. Kirimkan email untuk mengkonfirmasi tanggal dan waktu wawancara, bagaimana wawancara dilakukan (secara langsung, di Skype, atau di telepon), dan berapa lama Anda mengharapkannya bertahan.

Pro-tip: Selalu melebih-lebihkan. Jika Anda mengharapkan wawancara 30 menit, mintalah 45 menit dari waktu mereka, sehingga tidak ada yang merasa terburu-buru jika terus berlanjut lebih lama.

4. Buat calon nyaman

Kandidatnya cenderung gugup; Anda harus selalu berusaha membuat mereka merasa nyaman. Duduklah pada tingkat yang sama dengan orang yang diwawancarai untuk memastikan bahwa Anda tidak melihat ke bawah pada mereka. Sadar akan adanya kesenjangan besar antara Anda, seperti meja besar atau meja kerja, dan cobalah untuk meminimalkan ruang.

5. Perluas sopan santun profesional

Tawarkan segelas air kepada kandidat dan tanyakan apakah mereka memerlukan sesuatu sebelum Anda memulai. Bicara kecil (“Apakah Anda menemukan kantor kami baik-baik saja? Bagaimana parkir?”) Dapat memecahkan es dan memberi mereka waktu untuk menetap sebelum Anda memulai wawancara.

Nah, itulah beberapa tips melakukan wawancara agar anda mendapatkan calon pegawai yang cocok dengan lowongan kerja yang ada. Semoga anda berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *