Tips menulis surat lamaran yang diminati Rekruter

lamaran kerja

Tips Membuat Surat Lamaran

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Sebagaimana juga ada banyak faktor yang menghalangi anda untuk tidak diterima ketika mengajukan

lamaran pekerjaan. Salah satunya mungkin karena surat lamaran kerja anda tidak memadai dan menggambarkan apa yang diinginkan ole rekruter.

Untuk membantu dan memudahkan anda dalam mendapatkan pekerjaan yang layak, pada kesempatan ini kami ingin berbagai beberapa tips dan contoh surat lamaran pekerjaan

yang disukai oleh rekruter. Jika anda memenuhi dari sisi surat lamaran, maka besar kemungkinan anda akan dipanggil untuk mengikuti sesi wawancara sehingga anda bisamenjelaskan lebih detail tentang diri anda.

Namun, sebelumnya kita membahas contoh surat lamaran kerja lebih jauh, ada baiknya kita membahas beberapa trik dan mengetahui kiteria apa sajakah yang harus disertakan pada surat lamaran supaya surat lamaran kerja yang kita kirim terkesan lebih profesional dan sopan. Karna sesungguhnya, surat lamaran kerja yang kita kirimkan ke perusahaan memiliki peran yang sangat penting, apakah anda layak dimasukan pada seleksi berikutnya atau tidak sama sekali.

Kami sangat menyarankan kepada pembaca sekalian, sebelum menulis dan mengetik surat lamaran anda. Ada baiknya anda mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

Struktur lamaran pekerjaan

Sebenarnya tidak ada ketentuan baku dalam membuat surat lamaran pekerjaan. ANda bisa berkreasi sesuai dengan keinginan anda. Hanya saja, anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan format yang sudah lazim digunakan banyak orang.

Secara umum, struktur surat lamaran pekerjaan yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  • Tanggal penulis surat lamaran kerja
  • Perusahaan dan Divisi yang dituju
  • Salam penghormatan
  • Pembukaan surat lamaran kerja
  • Biodata lengkap (Nama, Tempat dan tanggal lahir, Pendidikan Terakhir, Alamat serta Handphone)
  • Maksud dan tujuan surat lamaran kerja
  • Penutup

Itulah beberapa susunan surat lamaran kerja yang paling banyak dan lazim digunakan. Anda bisa berkreasi dalam membuat surat lamaran kerja yang menarik rekruter untuk membaca surat lamaran kerja anda.

Sebenarnya, selain membuat surat lamaran kerja dengan struktur diatas. Anda juga harus membuat surat lamaran kerja dengan bahasa yang baku, sopan dan maksud yang jelas. Singkat dan jelas.

Sebagian perusahaan juga meminta pelamar untuk mengajukan surat lamaran kerja tulis tangan. Jika dibagian keterangan persyaratan ada syarat seperti ini, maka usahakan anda membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan.

Jangan lupa untuk menyertakan lampiran lampiran yang dianggap perlu sebagai pertimbangan rekruter nantinya. Demikianlah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membuat surat lamaran kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *