Sudah Tahu Sejarah dari Batik?

source : redbubble.net

Fashion dengan tema batik merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita dapat dengan mudah menemukan busana batik wanita dengan motif etnik hampir dimanapun itu. Selain dari itu, batik juga sudah sering dijadikan sebuah tema dalam ajang World Fashion Show lho. Dan salah satu yang menjadi kebanggan kita yaitu batik mendapatkan pengakuan dari UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 yang menyatakan bahwa batik merupakan salah satu dari Intangible Cultural of Humanity. Sangat membanggakan bagi kita kan?

Mungkin kita sudah tahu tentang berbagai macam tren motif batik yang kekinian beserta latar belakangnya mengenai Hari Batik Nasional. Namun apakah kita juga sudah mengetahui sejarah dari batik itu sendiri?, yuk kita simak sekilas mengenai sejarah batik Indonesia.

Kita perlu flash back ke belakang untuk mengetahui tentang sejarah batik yaitu tepatnya pada abad ke-18 yang pada saat ini ialah zaman pemerintahan Kerajaan Majapahit. Kehidupan masyarakatnya pada saat ini mengalami perkembangan yang pesat di saat pemerintahan dipimpin oleh Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada. Pada masa itu disebut juga sebagai era keemasan. Salah satu aspek yang mengalami perkembangan yang cukup maju yaitu pada seni kerajinan rakyat yang berupa batik.

Pada awalnya batik hanya dibuat oleh hanya beberapa abdi dalem saja. Diluar dugaan, ternyata batik mampu menarik perhatian para bangsawan karena motif batik yang elegan mempu memberikan kesan yang mewah pada saat ini. Kemudian batik dijadikan sebagai pakaian kerajaan para bangsawan.

Tidak berhenti sampai disitu saja, ternyata batik juga memikat para raja-raja dari kerajaan tetangga seperti Kasunanan Surakarta, Kesultanan Mataram dan Kesultanan Yogyakarta. Kemudian para anggota kerajaan tersebut membawa pulang teknik cara membatik tersebut ke kerajannya masing-masing. Dan hal tersebut menjadi awal mula serta sarana tersebarnya kerajinan batik ke seluruh nusantara. Seiring dengan berjalannya waktu, seni membatik mulai merambah ke kalangan rakyat jelata yang kemudian batik menjadi suatu kerajinan yang dibuat oleh para ibu rumah tangga sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Ternyata batik memiliki sejarah yang cukup panjang, kita sebagai generasi penerus sudah sepatutnya untuk merawat dan melestarikan salah satu warisan budaya terseebut. Sampai dengan saat ini baju batik wanita modern sudah memiliki banyak motif dan varian. Serta dapat mengikuti perkembangan tren fashion modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *