Madu hitam, madu yang banyak memberikan manfaat

Banyak jenis madu di dunia ini, ada yang berwarna cokleat, kuning, keemasan, hitam gelap, jernih, bening, dari segi rasa pun banyak perbedaan, ada manis legit, manis hambar, manis biasa, manis gurih, pahit, manis pahit, dan asin. Wanginya pun banyak sekali variannya.

Perbedaan-perbedaan pada madu tersebut dikarenakan lebah yang produksi madu ini tidak sama makanannya. Lebah madu akan menyedot sari bunga (nektar) dari berbagai bunga yang tumbuh disekeliling hidupnya lebah tersebut bahkan bisa radius 1 km lebah mencari nektar bunga, dan nektar bunga yang paling dominan lah yang akan dominan di warna, rasa dan wangi dari hasil madu tersebut.

Di Indonesia yang terbentang luas sekali perkebunan dan hutan yang menjadi lahan tumbuhan berbunga dan menjadi lautan makanan bagi lebah pekerja pencari sari bunga, sehingga ketersediaan sari bunga nektar tersebut tidaklah terbatas bagi lebah, dan hasilnya pun menjadi sangat berlimpah, tidak heran madu yang dihasilkan dari Indonesia sangat banyak dan sangat bervarian jenisnya.

Terbentang dari pulau sumatera sampai dengan pulau papua, dan disana penghasil madu yang banyak, terutama pada kota atau kabupaten yang bercocok tanam buah-buahan seperti manga, lengkeng, rambutan, durian, kopi, randu dan lain sebagainya.

gambar madu hitam

Diantara madu-madu tersebut, ada madu yang unik, madu hitam namanya. Madu hitam ini warnanya hitam dan rasanya juga pahit, ternyata madu ini dihasilkan dari lebah penghisap nektar bunga mahoni di hutan, sehingga rasanya pahit. Seperti halnya madu pelawan rasanya pahit. Madu hitam ini sangatlah terbatas, karena keterbatasan sari bunga pada setiap nektarnya dan juga lebah yang menyedot bunga tersebut terbilang liar. Walau sekarang sudah mulai dibudidayakan atau diternak di tempat-tepat bunga yang pahit, madu hitam ini masih digolongkan madu yang langka.

Dahulu, madu yang rasanya pahit ini seringkali para petani atau pemburu madu membuangnya karena rasanya yang kurang enak di lidah, karena dominasi madu adalah rasanya manis, sehingga apabila mendapatkan madu hitam yang pahit mereka membuangnya, namun kini tidak setelah banyaknya kajian tentang kandungan madu hitam ini ternyata banyak sekali manfaatnya terhadap manusia terutama untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Membantu penyembuhan berbagai penyakit bagi penderita penyakit ringan maupun berat, madu hitam ini memberikan manfaat yangsudah banyak orang merasakan manfaatnya, sehingga madu ini dikenal masyarakat memiliki khasiat yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *