Bakmi Jawa , Olahan Mie Khas Jawa

Bakmi Jawa

Kalau Anda berkunjung ke Yogyakarta atau daerah sekitar Jawa Tengah, Anda pasti akan dengan mudah menemukan penjual Bakmi Jawa, baik itu di pinggir jalan maupun di restoran. Bakmi Jawa sudah menjadi favorit pecinta olahan mie di berbagai daerah. Bakmi Jawa hanyalah salah satu variasi dari berbagai varian rasa olahan mie yang ada di Indonesia.

Keanekaragaman kuliner dan prasmanan dari naboxparah.com berbahan dasar mie membuat siapa saja memiliki banyak pilihan untuk mencicipi kuliner nusantara. Bahkan, keanekaragaman cita rasa bakmi ini juga sudah merambah luar negeri seperti Malaysia dan Singapura karena bakmi dibawa oleh perantau Indonesia di luar negeri.

Di Indonesia sendiri, bakmi paling mudah ditemukan di area Jawa Tengah seperti Purwokerto, Magelang, Semarang, Solo, dan kota kota lainnya. Sedangkan, khusus di Yogyakarta, Anda bisa melihat di sekitar kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, sampai Wonosari, Gunungkidul ada begitu banyak penjaja bakmi Jawa. Perlu diketahui bahwa  tempat asal pedagang bakmi Jawa yang berdagang di berbagai kota besar di Indonesia, ialah berasal dari Desa Piyaman, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Sejauh ini, penyajian bakmi Jawa ada dua cara yakni bakmi rebus dan bakmi goreng di Jawa.

Bakmi Jawa

Ciri Khas Bakmi Jawa

Bakmi Jawa memiliki cita rasa gurih. Alaminya bakmi jawa dimasak di atas tungku tanah liat yang disebut anglo dan dimasak di atas api arang. Cara tersebut kini sudah jarang terlihat, kebanyakan penjual bakmi jawa memasak mie Jawa di atas kompor gas. Ada penjual yang juga tidak memasak satu per satu sesuai dengan pesanan, melainkan memasak sekaligus dalam jumlah besar di sebuah wajan besar.

Meskipun demikian, masih ada penjual yang memasak bakmi jawa sesuai dengan jumlah pesanan, artinya dimasak satu per satu agar cita rasanya tetap mantab. Juru masak dan asistennya akan menyiapkan wajan kecil, bahan dan bumbu diracik satu per satu terlebih dahulu. Pesanan kemudian dimasak satu per satu.

Ciri khas penyajian bakmi jawa ialah dicampur dengan telur bebek atau telur ayam kampong dalam masakan. Telur akan menambah cita rasa gurih dalam bakmi jawa dan juga cukup mengenyangkan. Ciri khas dalam penyajiannya ditambahkan dengan suwiran daging ayam kampong, acar mentimun, dan kerupuk. Ketika menikmatinya, Anda bebas menambahkan sambal atau pun kecap sesuai dengan selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *